Melihat Peringatan HORI di KPP Pratama Curup Gunakan Pakaian Tradisional, Hingga Donor Darah

Melihat Peringatan HORI di KPP Pratama Curup Gunakan Pakaian Tradisional, Hingga Donor Darah

\"\"Peringatan Hari Oeng Republik Indonesia (HORI) di KPP Pratama Curup tahun 2019 ini sedikit berbeda dan cukup unik dibandingkan dengan peringatan tahun-tahun sebelumnya. Dimana seluruh peserta upacara menggunakan pakaian tradisional dari berbagai daerah di Nusantara.

ARI APRIKO, Curup

Rabu pagi kemarin (30/1), sejumlah orang yang menggunakan pakaian adat nusantara ramai terlihat di kawasan Kantor KPP Pratama Curup yang ada di Jalan Sukowati Curup. Orang-orang yang menggunakan pakaian adat tersebut ternyata adalah para pegawai KPP Pratama Curup termasuk pegawai dari intansi lainnya yaitu Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN), BPJS Kesehatan dan Bank Mandiri Taspen atau Bank Mantap.

Para karyawan tersebut berkumpul di kantor KPP Pratama Curup bukan untuk mengikuti karnaval budaya ataupun karnaval 17 Agustus yang lazim menggunakan pakaian adat setiap tahunnya. Namun para karyawan atau pegawai dari empat intansi tersebut akan mengikuti upacara Hari Oeang Republik Indonesia (HORI), yaitu peringatan beredarnya uang Republik Indonesia yang pertama kali yaitu pada 30 Oktober 1946 silam.

\"Hari ini kita sengaja menggunakan pakaian tradisional dalam upacara hari Oeang, karena peringatan hari oeng hampir bersamaan dengan peringatan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober kemarin,\" sampai Kepala KPP Pratama Curup, Ery Heriawan melalui Kepala Sub Bagian Umum dan Kepatuhan Internal Yadi usai upacara peringatan HORI di KPP Pratama Curup, Rabu kemarin.

Dijelaskan Yadi, para peserta upacara yang menggunakan pakaian tradisional dari berbagai daerah di tanah air juga untuk menyiratkan bahwa para peserta upacara siap melanjutkan cita-cita luhur pendiri Indonesia, yaiotu menjaga dan memelihara perstuan dan kesatuan dalam bingkai keberagamaman. Kemudian menurutnya penggunaan pakaian adat tersebut juga sejalan dengan tema HORI tahun 2019 ini yaitu \"maju bersama, menghadapi tantangan\".

\"Para karyawan kita juga berasal dari berbagai suku yang ada di tanah air, dengan memon ini juga mereka bisa menunjukkan pakaian adat mereka masing-masing, sehingga kita bisa lebih saling mengenal lagi,\" tambah Yadi.

Di sisi lain, Yadi juga mengungkapkan selain menggelar upacara peringatan HORI, pihaknya juga bersama KPPN, BPJS Kesehatan dan Bang Mantap juga menggelar sejumlah kegiatan lainnya mulai dari donor darah yang dilaksanakan di Aula KPP Pratama Curup setelah upacara peringatan HORI, sebelumnya juga mereka melaksanakan sejumlah pertandingan olahraga seperti futsal, bola voli, bulu tangkis, catur dan tenis meja. Dimana kegiatan pertandingan olahraga tersebut dimulai sejak tanggal 21 Oktober lalu.

\"Dalam pelaksanaan sejumlah pertandingan olahraga, kita dari empat intansi yaitu KPP Pratama Curup, KPPN, BPJS Kesehatan dan Bank Mantap secara bergantian menjadi penanggungjawab dari kegiatan yang dilaksanakan,\" papar Yadi.

Kemudian menurut Yadi, diikutsertakannya tiga intansi lainnya dalam peringatan HORI di Kabupaten Rejang Lebong, tak lain menurutnya untuk menjaga silaturahmi antar instansi vertikal atau instansi keuangan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: